Nasehat-nasehat yang berguna..


Pulang kantor hari Jum'at lalu..di bis aku duduk disamping seorang bapak yang tidak dikenal... tiba-tiba saja Bapak itu mengajakku berkenalan.. seorang lelaki berumur sekitar 60-an, berwajah sangat bersih dan ramah...

tanpa diminta Bapak itu bicara tentang segala hal tentang dirinya dan keluarganya...beliau bercerita dengan sangat gembira perihal istri, anak-anak, dan perjuangan hidupnya selama ini..kegagalan dan keberhasilan..benar-benar orang yang menyenangkan..

Namun hal yang paling menarik dari beliau adalah nasehat-nasihat yang dia berikan..dikutip dari ayat-ayat al Quran dan mutiara kata tentang kehidupan dia dalam menangani setiap permasalahan...

rasanya hari itu pikiranku seperti mendapat angin segar..tanpa diduga bertemu seorang yang sangat paham soal agama dan seseorang yang sudah sangat kaya dengan asam garam kehidupan..

Berikut nasehat-nasehat Beliau yang masih kuingat dan semoga bermanfaat :

Jika sewaktu pulang kantor terdengar azan Maghrib sedangkan kita masih di atas kendaraan...segera niatkan untuk Shalat Jama' Takhir di waktu Isya...dan sesampainya di rumah langsung tunaikan Shalat segera..karena jika sejenak saja kita beristirahat, sering niat untuk Shalat itu menjadi hilang..

Sewaktu mendoakan Orangtua, jangan lupa untuk mendoakan juga Mertua kita. Karena mertua adalah orang yang sudah mendidik dan membesarkan pasangan kita. Mendoakan Mertua juga bisa melunakkan hati mereka jika seandainya ada konflik antara kita dengan mereka.

Bangunlah sebelum waktu Subuh masuk, tunaikan shalat Sunat...waktu terbaik untuk berdoa dan khusyuk adalah tengah malam dan dini hari.

Jangan biarkan pikiran kosong..karena setan gampang masuk. Isi hati dan pikiran dengan zikir.

Setiap orang punya masa lalu, masalah, dan sisi gelap hidupnya..perbanyaklah baca Astagfirullahalaziim karena dapat membersihkan jiwa.

Kunci hidup bahagia : Ikhlas dan Tidak dendam.
Lupakan kesalahan orang, minta maaf jika salah..

Jangan pernah merasa diri yang terbaik atau merasa lebih dari orang lain..Nabi Muhammad saja tidak sempurna..

Jika kesal sama orang..Diam atau tinggalkan dia sejenak..setelah rasa kesal berkurang..sampaikan pendapat kita dengan santun..

Jangan pernah berselingkuh karena rasanya sama saja, malah hanya menambah beban hati dan keuangan. Jika ingin beda, suruh pasangan kita untuk berdandan, membersihkan diri atau merubah penampilan dan yang paling penting merubah cara pikir kita terhadap pasangan. Jika kita melihat kekurangannya saja maka pasangan akan terasa membosankan. Karena itu ingat semua hal indah yang pernah dilakukan bersama.

Jangan manjakan anak atau memperlakukan anak seperti raja, karena suatu hari mereka akan menginjak kepala kita..seharusnya kita lembut namun tegas.

Jika anak diasuh oleh pembantu..usahakan dihari libur selalu bersama mereka dan bawa jalan-jalan keluar rumah untuk membuka pikiran anak..

Kalo ada rezeki bantulah orang lain. Lebih baik memberi daripada mengemis.

hhmm..waktu 2 jam dalam perjalanan gak berasa..ternyata kami sudah sampai..masih banyak perbincangan..namun waktu mengharuskan kami mengakhiri..

Alhamdulillah aku diberi kesempatan untuk bertemu beliau..semoga semua nasehat yang diberikan bermanfaat dan semoga Allah memberi pahala, kesehatan, dan niat naik hajinya segera tercapai..Beliau berniat untuk naik haji tapi tabungannya belum mecukupi, anak-anaknya sudah berhasil semua dan menawari Haji tapi ditolak karena Beliau lebih suka Naik haji dari uang hasil jerih payah sendiri supaya hajinya lebih Mabrur dan berkesan..Amiin

Tidak ada komentar: